• Minggu, 5 Februari 2023

Berikut Macam-macam Ide Mahar untuk Pernikahan

- Senin, 26 Desember 2022 | 20:46 WIB
Ilustrasi - Mahar pernikahan. (PEXELS)
Ilustrasi - Mahar pernikahan. (PEXELS)

Mahar atau mas kawin menjadi salah satu faktor penting dalam akad nikah. Oleh karena itu, hal harus benar-benar dipersiapkan sebelum pernikahan. Mahar diberikan oleh pria untuk calon istrinya. Sebaiknya pemberian mas kawin ini berupa sesuatu yang bermanfaat. Ada beberapa ide mahar untuk pernikahan bermanfaat yang bisa Anda berikan.

Macam-Macam Ide Mahar untuk Pernikahan
Pada prinsipnya, jangan sampai mahar ini memberatkan pihak pria. Tidak ada aturan yang mengatur barang yang harus diberikan sebagai mahar. Namun, akan lebih baik jika mahar tersebut mengandung nilai dan manfaat. Berikut ide mahar untuk pernikahan yang bisa Anda pilih:

1. Seperangkat Alat Salat
Seperangkat alat salat menjadi salah satu barang yang paling sering dijadikan mahar di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh sebagian besar masyarakat di negara beragama islam. Adapun seperangkat alat salat tersebut meliputi mukena, sajadah, al-quran, dan tasbih.

Pemberian mahar berupa seperangkat alat salat ini merupakan simbol bahwa sang suami siap membimbing dan  menuntun istri dalam hal agama. Mukena menjadi makna bahwa suami akan selalu mengingatkan istri dan keluarga untuk tidak lupa menjalankan salat. Sajadah memiliki makna sebagai ajakan untuk bersujud kepada Allah.

Selanjutnya, Tasbih melambangkan suami yang akan selalu mengingatkan istri untuk berdzikir kepada Allah. Al-quran yang menjadi bagian dari mahar tersebut melambangkan bahwa calon suami siap mengajarkan bacaan dan pemahaman al-quran kepada istri sampai benar-benar bisa.

Dibandingkan mahar dalam bentuk lain, seperangkat alat salat ini relatif lebih terjangkau dan akan sering digunakan sehari-hari.

2. Uang

Uang tentu sangat berguna untuk banyak hal. Tidak ada ketentuan minimal pemberian uang untuk mahar ini, sehingga nominalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan calon suami. Pada umumnya mahar akan dihias sedemikian rupa agar terlihat indah.

Perlu diingat bahwa uang yang akan dijadikan mahar tidak boleh digunting atau dirusak. Hal ini dikarenakan uang rupiah secara filosofis merupakan simbol kedaulatan negara. Oleh karena itu, jika ingin memberikan mahar berupa uang, maka berikan dalam bentuk utuh, jangan digunting atau dirusak demi bisa terlihat indah.

Halaman:

Editor: Pujoko

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Berikut Macam-macam Ide Mahar untuk Pernikahan

Senin, 26 Desember 2022 | 20:46 WIB

Macam-macam lumut di wilayah konservasi

Selasa, 15 Februari 2022 | 23:11 WIB

Cara Membuat Manisan Ubi di jamin enak banget

Selasa, 15 Februari 2022 | 19:50 WIB
X